Pelajaran Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah

Bagi para penggiat madrasah diniyah takmiliyah mestinya sudah banyak mengetahui tentang pelajaran pada madrasah diniyah takmiliyah. Akan tetapi bagi yang baru berminat untuk membuat lembaga Madin dan belum banyak mengetahui tentang lembaga ini mungkin tulisan ini sedikit membantu tentang pelajaran yang hendak di ajarkan di tempat saudara. Selain pelajaran yang diajarkan tentunya juga termasuk hal hal serta jam pelajaran yang di alokasikan guna kegiatan belajar mengajar (KBM) di lingkungan MDT atau juga bisa di sebut MDA ( Madrasah Diniyah Awwaliyah) maupun sejenisnya.

pedoman penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyahSecara syarat aturan, Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah, baik pada jenjang ula, wustha maupun ulya, secara teknis di alokasikan waktu 18 jam satu minggu. dengan MDTA 1 jam pelajaran di  Awwaliyah kelas 1 di hitung 30 menit, sedangkan kelas 2-kelas 4 1 jam pelajaran adalah 40 menit. untuk wustha dan ulya 1 jam pelajaran = 45 menit. Bagaimana jika tidak bisa memenuhi syarat diatas? saran saya sebaiknya anda berubah pikiran membuka Madrasah diniyah takmiliyah dan mengalihkan lembaga anda dengan TQA (ta’limul Qur’an Lil Aulad) yang mana secara waktu dan jumlah pelajaran serta penentuan bidang yang diajarkan lebih fleksibel.

Pelajaran pada Madrasah Diniyah Takmiliyah

setelah mengetahui jam pelajaran pada masing masing alokasi waktu bagi masing masing tingkatan. Selanjutnya dibawah ini adalah macam – macam pelajaran yang di ajarkan pada lembaga pendidikan keagamaan Madrasah Diniyah Takmiliyah. baik untuk Awwaliyah, Wustha Maupun Ulya. Adapun pelajarannya seperti dibawah ini :

  • Pelajaran Qur’an
  • Pelajaran Hadis
  • Pelajaran Aqidah
  • Pelajaran Akhlak
  • Pelajaran Fiqh
  • Pelajaran Tarikh Islam
  • Bahasa Arab
  • Muatan Lokal

pada muatan lokal bisa di isi dengan arab pegon, imla’ dan pelajaran lain yang menjadi khas di wilayah masing masing.

Baca :

Selanjutnya untuk alokasi waktu pelajaran atau jam pelajaran bagi pelajaran di atas pada masing masing tingkat ada perbedaan.  Jika dibuat bagan dalam pelajaran maupun tentang alokasi dari kegiatan pendidikan di Madin akan seperti dibawah ini. Dimana sudah terjadwal secara nama pelajaran dan juga alokasi jam pelajaran bagi masing masing pelajaran dan masing masing tingkatan kelas dan tingkatan Madin.

No Mata Pelajaran MDTA MDTW MDTU
I II III IV I II I II
Keagamaan
1 Al Qur’an 5 5 4 4 3 3 2 2
2 Hadist 1 1 2 2 2 2 2 2
3 Aqidah 1 1 1 1 1 1 2 2
4 Ahlaq 2 2 2 2 2 2 2 2
5 Fiqh 4 4 4 4 4 4 4 4
6 Tarikh Islam 1 1 1 1 2 2 2 2
Bahasa
7 Bahasa Arab 4 4 4 4 4 4 4 4
Muatan Lokal
8 Muatan Lokal
a.     Arab Pegon
b.     Imla
c.     dll
Jumlah 18 18 18 18 18 18 18 18

Demikian perihal mata pelajaran atau biasa disebut mapel pada madrasah diniyah takmiliyah yang disadur dari buku petunjuk pelakasanaan penyelenggaraan madin yang di terbitkan oleh Kemenag Jakarta.

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

1 thought on “Pelajaran Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s