Penyakit prurigo di pondok pesantren

Kalau kita melihat di suatu pondok pesantren, kadang kadang akan didapati anak yang tangannya bernanah atau gatal gatal di badannya. Setelah melihat suatu tulisan tentang kesehatan ternyata disebut dengan prurigo. Sampai saat ini belum ditemukan penyebab dari sakit ini. Kenapa bisa terjangkiti. Ada kecurigaan disebabkan karena faktor genetik ataupun karena keturunan, dan yang paling sering adalah karena alergi. Selain itu prurigo bukan termasuk penyakit menular. Bagaimana mereka yang terkena prurigo? Mereka akan mendapatkan peradangan di kulit disebabkan rasa gatal yang kuat. Hal ini mengakibatkan bekas kehitaman yang sulit hilang. Yang diistilahkan dengan hyperpigmentasi setelah peradangan atau diistilahkan dengan inflamasi. Hal ini lumrah terjadi pada anak anak. Hal yang sering disebut berkaitan dengan kondisi sakit prurigo yaitu sebab alergi, digigit serangga atau nyamuk, perubahan cuaca, bahkan stress pun di anggap bisa membuat prurigo makin parah.

Saran untuk mengurangi prurigo

  • Dijaga kulit dalam kondisi bersih, baik dengan penggunaan sabun yang ringan ringan lah.
  • Selepas mandi untuk menggunakan pelembab, dan juga sebelum bobo. Bisa dengan body butter atau lotion. Disarankan menggunakan bahan alami yang tidak menggunakan hypallergenic (pewangi)
  • Tidak menggaruk bagian yang bengkak atau ruam, disarankan kondisi kuku sebaiknya pendek dan bersih. Dengan kondisi kuku yang bersih dan pendek akan meminimalisir pemicu luka dan infeksi bakteri.
  • Menghindari gigitan nyamuk untuk mengurangi gatal dan mengurangi penularan, baik dengan cara pakai selambu, obat nyamuk berupa gelang atau apalah, memakai pakaian panjang.
  • Disarankan untuk mandi menggunakan air dingin karena air hangat memicu kulit menjadi kering sehingga dengan kulit kering memicu gatal menjadi semakin parah.
  • Jika terjadi gatal untuk tidak di garuk. Disarankan jika merasakan gatal maka disarankan dioleskan dengan lotion, mungkin lotion calamin bisa dipakai untuk mengurangi rasa gatal.
  • Menyembuhkan prurigo

Salah satu obat prurigo adalah kortikosteroid. Kartikosteroid dalah obat anti-inflamasi yang digunakan mengobati beberapa kondisi medis. Berguna mengurangi gejala pembengkakan, gatal, kemerahan maupun alergi. Alternatif yang lain adalah krim capsaicin, antihistamin, anestesi yang diolesi pada kulit, , terapi dengan sinar UV. Untuk mengurangi bekas luka bisa menggunakan Krim dengan kandungan hidroquinon di dalamnya.

 

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

1 thought on “Penyakit prurigo di pondok pesantren”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s