Cacar air di pondok pesantren

Pada saat tahun 1992-1995 dimasa masih sekolah pernah mempunyai teman yang menjadi santri di pondok pesantren, di pojok kompleks pondok terdapat lah fasilitas kesehatan pesantren yang disebut dengan UKP (Unit Kesehatan Pondok Pesantren) yang kalau di sekolahan lazim disebut dengan UKS. Pada waktu itu banyak santri yang sedang dirawat (inap?) di UKP karena sedang terjangkit cacar air atau biasa disebut dengan cangkrangen yang dalam istilah ilmu medis adalah varisela atau bisa juga disebut chickenpox. Dan santri penderita sakit tidak hanya satu orang, akan tetapi lebih dari 5 orang yang berada di UKS. Dipastikan penderita lebih dari lima santri karena masih ada beberapa santri yang nekat sekolah walaupun kondisi badan terjangkiti cangkrangen.

Cacar air adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama varicella zoster yang umumnya ditandai dengan  munculnya ruam di kulit sebagai indikasi gejala utama. Selanjutnya ruam berubah jadi bintil merah yang didalamnya cairan dibarengi dengan rasa gatal yang kemudian akan mengering menjadi koreng yang akhirnya mengelupas dalam waktu seminggu sampai dengan dua minggu.. Cacar air biasanya menjangkiti anak-anak berumur dibawah 10 tahun. Akan tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Dimana bintil cacar air muncul? Bisa dikatakan bisa dimana saja, cacar air di kepala, cacar air di kulit kepala akan lebih mengganggu karena adanya rambut dikepala, cacar air di tangan, cacar air di mulut, cacar air di muka atau wajah, cacar air di mata, bahkan cacar air di bulu pubic.

Cacar air orang dewasa cenderung lebih parah akibatnya dibandingkan cacar air pada anak. Pada orang dewasa, penangkal virus akan lebih efektif jika diberikan di waktu 24 jam awal kemunculan bintil cacar air. Bagaimana cacar air pada ibu hamil? Cacar air pada bayi? Pada kasus ini keduanya (ibu hamil ataupun bayi yang baru lahir) secara umum lebih rentan pada komplikasi serius. Jika sampai infeksi sekitar bentol cacar, mengakibatkan muntah, kaku leher, sulit berjalan ataupun kejang maka sangat disarankan segera menghubungi dokter.

Gejala cacar air.

Hal yang lumrah ketika terkena cangkrangen adalah munculnya ruam ruam di kulit atau bentol yang berisi air di kulit, Demam, kepala agak sakit disertai tidak enak badan, Suhu badan meningkat, Nafsu makan menghilang, Dalam kondisi parah benjoan air bisa merata ke sekujur badan.

Apakah cacar air menular?

Cacar air adalah penyakit yang menular dan dapat menyerang siapa saja. Cara penularannya melalui percikan ludah penderita, benda yang terkena cairan dari penderita. Penderita bisa menularkan penyakit ini dari masa timbul penyakit sampai dengan bentolan terakhir yang telah mengering. 😀 sehingga pada kehidupan asrama atau pesantren maka mereka yang terkena akan di isolasi atau diasingkan untuk meminimalisir penularan. Secara ilmu kesehatan, orang yang pernah terkena cacar air akan memiliki kekebalan sehingga tidak akan tertular.

Pencegahan cacar air dan penanggulangannya

  • Negara telah melakukan pencegahan penderita cacar yaitu dengan adanya vaksinasi bagi bayi sekitar usia 18 bulan. Akan tetapi juga bisa diberikan vaksin ini kepada anak yang lebih besar bahkan orang dewasa selama belum pernah mendapat vaksin dan belum menderita cacar.
  • Penderita menjauhkan diri atau diisolasi paling tidak lima hari setelah bentol lepuhan kering
  • Penderita menutup hidung dan mulut dikala batuk atau bersin, tissue yang kotor segera dibuang, tidak bersamaan menggunakan peralatan baik makanan atau pakaian bahkan peralatan mandi secara bersamaan dengan orang lain.
  • Bagi wanita hamil maupun orang yang kondisi imunitas lemah disarankan jauh jauh dari penderita
  • Penderita untuk mengkonsumsi makanan bergizi guna peningkatan kekebalan tubuh.
  • Imunoglobulin. Yaitu senyawa yang dapat digunakan melawan kuman penyakit. Dalam hal ini tentunya cacar air.

Cara mengobati cacar air

Cacar air bukanlah suatu penyakit yang perlu penanganan khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya. Secara ilmu kesehatan, cacar air adalah sakit dikarenakan oleh virus yang secara teori dapat sembuh dengan sendirinya atau dalam istilah kerennya adalah self limiting disease. Sehingga Cacar air tidak memiliki langkah penanganan khusus. Pengobatan cacar air ditujukan guna mengurangi gejala

Apakah obat yang manjur untuk cacar air? Umumnya penanganan cacar air dengan dua jenis obat. Yaitu untuk menurunkan demam biasa dipakai paracetamol dan yang satunya losion atau berupa bedak kalamin yang di oleskan berguna untuk mengurangi rasa gatal, termasuk juga penggunaan bedak salycil. Selain itu untuk mengurangi resiko infeksi sebaiknya kulit sesering dicuci dengan air sabun, kebersihan tangan dijaga, kuku di pendekkan dan kondisi pakaian yang bersih dan kering.

Berapa lama cacar air sembuh?

Hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi. Secara medis tentunya tidak sama kesembuhan satu dengan yang lainnya. cacar air umumnya sekitar 10 hari semenjak pertama  muncul nya lenting (kulit yang menggelembung berisi air). Pada hari ke-7 sampai dengan hari ke – 14 maka bintil atau benjolan kecil berisi air akan mengering yang selanjutnya mengelupas dan hilang. Jadi kesimpulannya adalah cacar air secara umum bisa sembuh dalam waktu antara seminggu sampai dengan dua minggu.

Beberapa pertanyaan sekitar cacar air.

Cacar air boleh mandi ? pada prinsipnya mandi diperbolehkan bagi penderita cacar air, baik cacar air ibu hamil, cacar air bayi, cacar air anak ataupun cacar air dewasa. Karena secara teknis, mandi atau terkena air tidak menjadikan cacar air lebih parah. Disarankan cara mandi dengan air mengalir (tidak di bak yang masuk kembali airnya) dan dengan air sabun. Hal yang perlu dijaga adalah mencegah bintil berisi air supaya tidak pecah ketika mandi. Hal ini supaya cairan dalam bintil yang mengandung virus bisa menyebar ke bagian lain atau kepada orang lain (terkadang inilah yang menjadikan pertimbangan tdak boleh mandi) bolehkah cacar air keramas? Prinsipnya sama dengan mandi bagi penderita cacar.

Cacar air Boleh gak terkena angin? Boleh saja.

Cacar air boleh makan mie? Tidak ditemukan larangan makan mie instant ketika makan mie, akan tetapi seperti diketahui cacar air adalah penyakit disebabkan karena virus, dimana bisa penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Padalahal jika ingin cepat sembuh maka diperlukan badan yang lebih fit secara kesehatan, jika anda makan mie instan maka secara nilai gizi, asupan yang masuk akan lebih baik jika mengkonsumsi jenis makanan yang nilai gizinya lebih baik guna kekebalan tubuh yang lebih baik yang berakibat percepatan kesembuhan.

Cacar air dan Makanan pantangan

Untuk mempercepat kesembuhan, maka ada makanan makanan yang sebaiknya di hindari ketika mengidap cacar. Yaitu Makanan yang teksturnya keras, makanan cepat saji, seluruh makanan yang tidak mudah dicerna, makanan pedas atau asam (kecut) makanan dengan arigin yang tinggi semisal cokelat, kacang tanah dan biji-bijian (kwaci dll), makanan berisi lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Itulah type makanan yang perlu dijauhi dikala sakit ini guna kesembuhan yang lebih cepat.

Makanan yang disarankan dikonsumsi

Rekomendasi makanan guna menguatkan fisik bisa mempertimbangkan. Untuk minuman bisa meminum yogurt, teh herbal. Konsumsi bawang putih juga dikatakan baik, dengan kandungan allcin yang diyakini mematikan virus pada tubuh yang menyerang tubuh manusia. Selain itu jahe juga baik karena didalamnya terdapat antimikroba, Lemon juga dianjurkan. Dengan lemon bisa menaikkan imunitas penderita cacar dengan cepat. Bolehkan cacar air makan telur? Boleh dan malah baik. Dengan protein yang tinggi pada telur yang membantu pembentukan otot serta kandungan vitamin D, mestinya dengan kadar yang wajar atau sesuai anjuran dokter/petugas kesehatan. Buah beri dan buah alpukat juga baik. Sayur kubis juga bisa, selain itu kepala dan jamur dengan zat penguat tubuh merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Secara umum makanan yang disarankan adalah makanan yang cepat memberikan dampak penguatan tubuh dan imunitas pada tubuh.

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

12 thoughts on “Cacar air di pondok pesantren”

      1. Kalo saya liat artikelnya sampeyan otentik semua, seharusnya itu sudah memenuhi syarat bang untuk di approve sama wordads, kalo masalah adsense kayaknya lebih ruwet lagi deh bang hehehe

        Suka

      2. Kebanyakan para bloger kan suka copas bang apalagi yang newbie, jadi ya pasti ketahuan sama alogaritma wordads bang, dan kalo saya liat tulisan abang nih bermutu semua, ya cuma tinggal nambain view per day aja bang, kalo ngerubah domain dari self hosting ke domain dot com perlu biaya tambahan bang, tapi udah bisa langsung di monetize

        Suka

      3. ya malesnya udah ganti self dot com eh engga di approve hehehe.. oh iya.. saya pernah sedikit membaca, emang akhir akhir ini (mungkin setahun dua tahun belakangan) ada perubahan di wordads sehingga bayaran wordads untuk wilayah Indonesia menurun drastis dbanding sebelumnya. makanya ada beberapa tulisan yang mengulas badai di wordads atau badai wordpress.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s