Format Raport TPQ

standarisasi-tpq-tpa-dan-tkq-tkaPada dasarnya banyak fungsi yang bisa diambil dari penyerahan hasil evaluasi belajar bagi santri atau anak didik. Fungsi tersebut penting bagi santri sendiri, orang tua atau wali santri, wali kelas, dan juga guru atau ustadz yang mengajar di Lembaga Pendidikan. Bagi siswa dapat berfungsi untuk :

  1. mengetahui sampai dimana hasil belajar, menguasai konsep atau teori yang belum dikuasai,
  2. memberikan motivasi belajar
  3. dan juga untuk memperbaiki strategi dalam belajar.

Bagi orang tua santri bisa untuk

  1. membantu anak belajar, memberikan motivasi kepada anak,
  2. membantu lembaga untuk meningkatkan hasil belajar
  3. dan juga bisa membantu lembaga dalam melengkapi sarana prasana belajar dirumah.

Bagi guru pelajaran, dengan adanya hasil evaluasi bisa menjadi parameter kelebihan dan kekurangan siswa dalam satu kelas.

Sedangkan untuk wali kelas setelah mengetahui kelemahan dan kekuatan siswa dari hasil raport bisa digunakan sebagai acuan dan strategi penempatan duduk siswa dan belajar kelompok serta kepentingan yang lain terkait dengan KBM.

 

baca : Ijazah Taman Pendidikan Al Qur’an

baca : Standar Kompetensi Lulusan TK Al Qur’an / TKQ TPQ

baca : Perbedaan orang kaya dengan orang miskin menurut salah seorang Kyai

Pada tulisan kali ini akan dibahas tentang bentuk raport TPQ mengacu kepada buku pedoman penyelenggaraan Taman Pendidikan Al Qur’an terbitan Kementerian Agama ( Kemenag ) yang sebelumnya bernama Departemen Agama (Depag), sebenarnya bukan hanya rapot TPQ saja atau juga biasa orang menyebutnya raport TPA, akan tetapi saya sendiri kurang nyaman menggunakan kata rapot TPA karena kadang kala kata ini adalah kepanjangan dari Tempat Pembuangan Akhir sehingga secara pribadi lebih suka menggunakan huruf Q dibanding huruf A pada kasus singkatan diatas. Selain contoh raport TPQ juga akan disampaikan contoh raport TKQ atau TKA, dan Raport TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad. Selain buku raport TPQ maupun buku raport TKQ dan buku raport TQA, juga akan diberikan link download raport TKQ, download TPQ dan download TQA sehingga memudahkan anda untuk mencetak maupun melakukan perubahan seperlunya menyesuaikan dengan kondisi lembaga pendidikan. Pada tingkatan Taman Kanak-Kanak Al Qur’an dan Taman Pendidikan Al Qur’an, secara isi bisa dikatakan adanya kembar isi dalam kolom penilaian raport pada tingkat ini. Berbeda dengan tingkatan selanjutnya yaitu TQA mempunyai perbedaan yang signifikan dalam kolom yang ada.

Selanjutnya, dalam petunjuk di buku dari Kemenag tidak disebutkan besaran angka yang di masukkan dalam raport, sehingga mengacu kepada penilaian pada madrasah diniyah takmiliyah maka angka yang dimasukkan adalah skala 1 – 10. Dengan penjelasan sebagai berikut.

10 = Terpuji
9 = Baik Sekali
8 = Baik
7 = Lebih dari cukup
6 = cukup
5 = Hampir cukup
4 = Kurang
3 = Kurang Sekali
2 = Buruk
1 = Buruk Sekali

Nilai rata rata kelas adalah nilai yang menggambarkan prestasi rata-rata dari semua murid dalam satu kelas untuk mata pelajaran yang bersangkutan.

Sedangkan nilai pada kolom kepribadian yang berisi kelakuan, kerajinan dan kebersihan, skala nilai yang diberikan berupa huruf seperti dibawah ini :

  • B = Baik
  • C = Cukup
  • K = Kurang

Penjelasan yang lain. Nilai Prestasi adalah yang menggambarkan hasil kerja yang dicapai murid dalam suatu mata pelajaran.

Dengan membandingkan nilai prestasi dengan nilai rata-rata kelas dapat diketahui kedudukan santri dalam kelas apakah berada diatas atau dibawah rata-rata kemampuan anak dalam satu kelas.

Rangking/tingkatan dihitung berdasarkan jumlah murid dalam kelas bersama-sama dengan kelas paralel.

Dibawah ini disediakan link untuk contoh buku raport TKQ, contoh Buku raport TPQ, dan juga contoh buku raport TQA dalam format words dengan ukuran kertas A4 ukuran 210 mm x 297 mm. Demikian sedikit tentang raport pada lembaga pendidikan keagamaan islam khususnya pada lembaga yang berkaitan dengan al Qur’an. Silakan download file raport dibawah ini sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila ada kesalahan ataupun pesan dan saran dimohon kesediaan menuliskan di kolom komentar. Terima kasih.

Download cover raport TKQ

Download raport TKQ

Download cover raport TPQ

Download raport TPQ

Download cover raport TQA

Download raport TQA

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

4 thoughts on “Format Raport TPQ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s