Standar Sarana Prasarana TK Al Qur’an

sambil-ngerumpiSarana dan prasarana adalah perlengkapan untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di TK Al Qur’an. Pengadaan sarana prasarana hendaknya disesuaikan dengan jumlah santri, kondisi sosial, budaya di masing masing daerah.

Prinsip standar sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :

  1. Aman, tidak membahayakan, menarik dan menyenangkan anak, memenuhi unsur keindahan dan kerapihan
  2. Sesuai dengan tingkat perkembangan santri
  3. Dapat merangsang kreativitas anak serta mendukung paket-paket pengajaran yang di programkan (sesuai dengan kurikulum/GBPP), dan dapat digunakan untuk KBM Klasikal atau individual
  4. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan termasuk barang limbah atau bekas layak pakai.

standarisasi-tpq-tpa-dan-tkq-tkaPersyaratan

  1. Memiliki ruang yang dapat digunakan untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran santri yang mencakup ruang dalam dan ruang luar serta kamar mandi
  2. Mempunyai sarana yang disesuaikan dengan usia dan jumlah santri yang ada;
  3. Memiliki fasilitas permainan dalam maupun luar guna pengembangan kreativitas santri
  4. Memiliki media pendidikan dan atau perabot buku/kitab dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai serta perlengkapan lainnya yang diperlukan untuk menunjukkan proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Begitulah standar nasional sarana dan prasarana Taman Kanak-kanak Al Qur’an yang di tuangkan dalam buku Standarisasi nasional Mutu Pendidikan Al Qur’an

 

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

1 thought on “Standar Sarana Prasarana TK Al Qur’an”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s