Proses Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar TPQ dan TKQ

buku-pedoman-tpa-tpqSetelah mendapatkan kesepakatan dari semua yang terkait, khususnya POS (persatuan orang tua santri), maka langkah langkah berikut yang harus diambul untuk mewujidkan kelancaran kegiatan belajar mengajar ( KBM ) pada TPA atau TKA secara efektif dan efisien adalah :

  1. Membuat rencana kegiatan tahunan atau semester yang berkaitan dengan proses KBM di TKA TPA atau TKQ TPQ sesuai dengan kalender pendidikan
  2. Membuat atau merencanakan adanya target kurikulum yang di tuangkan dalam suatu alat yang besar (papan tulis) yang setiap saat bisa dilihat oleh para guru.
  3. Menyusun program bulanan, mingguan, harian
  4. Menyajikan materi hafalan dengan pola 90 s/d 120 menit belajar efektif dengan rincian sebagai berikut :
  • ammar-mengaji
    ammar

    10 s/d 15 menit klasikal awal (pertama) yaitu : 1) disajikan secara klasikal (berkelompok) dibawah koordinasi seorang wali kelas atau dapat dilaksanakan secara berkelompok TKA TQA TPA TPQ masing masing. 2) Terlebih dahulu guru harus dapat mengkondisikan perhatian santri. 3). Diisi dengan materi hafalan do’a pembuka ikrar dan paket hafalan yang disajikan dengan pendekatan BBM ( Bermain, bercerita, Menyanyi)

  • 10 s/d 15 menit klasikal kelompok, dimana guru didalam kelompoknya masing masing menjelaskan apa yang harus dipelajari dalam privat.
  • 60 s/d 70 meniy privat (perorangan) dengan cara bergantian
  • 10 s/d 15 menit klasikal akhir (kedua) dengan sajian materi cerita idola, menyanyi, pesan dan kesan maupun do’a penutup.

5. Kenaikan Jilid (EBTA) oleh kepala sekolah atau guru yang ditunjuk kepala sekolah karena dianggap mampu

6. Penamatan (target kurikulum dimungkinkan sudah tercapai) yaitu :

  • Telah tamat paket bahan ajar jilid 1-6 dan paket hafalan lainnya yang diebutkan level A (dasar)
  • Telah tamat tadarus al Qur’an 30 juz dan paket tajwid yang disebut level B (tadarus)

7. Setelah santri selesai (dinyatakan telah tamat) level A dan level B, maka santri berhak :

  • img_20160928_133731
    wisuda

    Mengikuti wisuda

  • Mendapatkan Ijazah
  • Mengikuti jenjang berikut, yaitu pada tingkat TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)

8. Kegiatan Kegiatan ekstra kurikuler mencakup kepada :

  • Tadabur alam (rekreasi)
  • Petuah (pesantren Sabtu – Ahad)
  • Ahad gembira
  • Forum Ukhuwah
  • Perlombaan antar unit/santri
  • Penampilan/show pada moment-moment penting yang bersifat religius
  • Tour dakwah pedesaan
  • Paket Spontanitas
  • Kegiatan lain sebagai hasil kreasi ustadz ustadzah

 

Keterangan

Walaupun kegiatan ekstra kurikuler hanya bersifat suplemen (tambahan), namun demikian dapat pula dikembangkan menjadi komplemen (bagian) dari KBM, manakala pelaksanaannya itu sendiri berorientasi pada materi-materi yang berkaitan erat dengan kurikulum. Dengan diaktifkannya kegiatan ekstrakurikuler pada TKA TKQ  & TPA TPQ dimasing masing, dimaksudkan :

  1. Lebih memberikan penyegaran dan variasi dalam KBM sehingga guru dan santri tidak mengalami kejenuhan
  2. Dapat membantu tercapainya target kurikulum
  3. Dapat memanfaatkan hari – hari libur, agar tidak terbuang percuma
  4. Keterangan lebih lanjut dari rincian penjelasan KBM ini dapat diikuti dalam Materi Panduan Kurikulum TKA/TKQ & TPA/TPQ

baca : Perlunya membuka TKA/TKQ dan TPA/TPQ dibawah koordinasi lembaga pembina

baca : Peraturan dan Tata Tertib TPQ TPA TKQ

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

3 thoughts on “Proses Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar TPQ dan TKQ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s