Kelengkapan Administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah

Dalam perjalanan pengelolaan lembaga Madin atau Diniyah Takmiliyah melakukan kegiatan belajar mengajar secara lebih baik profesional dan tertata, diperlukan usaha yang gigih dan jihad secara ilmu tenaga waktu maupun harta benda oleh berbagai pihak yang mengelola Madrasah Diniyah Takmiliyah atau MDT. secara administrasi dalam legal formal lembaga, diperlukan pengajuan izin operasional lembaga untuk mendapatkan nomor statistik diniyah takmiliyah. dalam hal ini yang diperlukan dalam rangka mendapatkan legalitas izin operasional dan piagam terdaftar adalah :

  1. mengajukan izin operasional madrasah diniyah takmiliyah. prosedurnya disini
  2. cara pengajuan dan contoh pengajuan bisa di lihat disini
  3. dan selanjutnya akan mendapatkan izin operasional dan nomor statistik Madrasah diniyah takmiliyah. untuk statistik madin disini

setelah mendapatkan izin operasional dan piagam terdaftar maka administrasi untuk kelembagaan bisa segera dilengkapi. secara teknis minimum perjalanan penyelenggaraan Madrasah DT disyaratkan mempunyai pengurus sebagai berikut :

  1. 1 (satu) Seorang Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah
  2. 2 (Dua) orang ustadz/guru pengajar di madrasah diniyah takmiliyah
  3. 1 (satu) orang tenaga administrasi di madrasah diniyah Takmiliyah

setelah terlengkapi para personal lembaga diniyah takmiliyah selanjutnya diperlukan perlengkapan secara administrasi guna kegiatan yang berkualitas secara KBM maupun secara lulusan. Dalam hal ini sesuai buku pedoman penyelenggaraaan madrasah diniyah takmiliyah terbitan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Jakarta yang menjadi kelengkapan administrasi yaitu :

  1. Buku Kas Umum (download contoh buku kas umum)
  2. Buku Kas Pembantu (download contoh buku kas pembantu)
  3. Buku Pembelian alat-alat (download buku pembelian alat)
  4. Buku Inventaris (download buku inventaris)
  5. Buku Kegiatan Pendidikan (download buku kegiatan pendidikan)
  6. Buku Harian Kegiatan Kelas (download buku harian kegiatan kelas)
  7. Buku Agenda Madrasah Diniyah (surat Keluar Masuk)
  8. Buku Laporan Keadaan santri (download buku laporan keadaan santri)
  9. Buku Laporan Keadaan Guru (download Laporan Keadaan Guru)
  10. Buku Tamu (download contoh Buku Tamu Madrasah Diniyah Takmiliyah)
  11. Daftar Hadir Guru (download daftar hadir guru)
  12. Buku Induk Santri ( download buku induk versi mini / download versi satu lembar penuh ) catatan : karena file menggunakan words rtf kemungkinan tidak bisa di view lewat google document, silakan langsung di download saja.
  13. Buku Kumpulan santri/legger santri lihat di Buku Leger madrasah diniyah takmiliyah ula wustha dan ulya
  14. Daftar Hadir Santri (download daftar hadir santri madrasah diniyah takmiliyah)
  15. Daftar pembelian Alat-alat pendidikan (unduh pembelian alat pendidikan)
  16. Buku Inventaris (download buku inventaris)
  17. Raport (bisa baca dan download Raport Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah)
  18. Ijazah (contoh Ijazah Madrasah Diniyah Takmiliyah )

Demikian kelengkapan administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah yang profesional dan lengkap, mungkin sangat susah dilakukan karena kekurangan tenaga maupun dana, akan tetapi semoga sedikit demi sedikit bisa memenuhi kelengkapan administrasi yang diperlukan dalam kelengkapan ini.

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

10 thoughts on “Kelengkapan Administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah”

      1. sangat bermanfaat ustadz, mudah mudahan ustadz selalu di sehatkan oleh Allah, sangat bermanfaat, teri ma kasih ustadz 🙂

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s