Pondok Pesantren untuk Anak ABK

braille-99019_640Pada saat ini sudah banyak sekolah SLB (sekolah Luar Biasa) untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya sekolah khusus menjadikan lebih tertangani dengan lebih baik oleh mereka yang berkompeten. Akan tetapi saat ini masih sangat sedikit pondok pesantren yang bergerak khusus dalam menyelenggaakan pendidikan luar biasa bagi para penyandang tuna wicara, tuna netra, tuna daksa, tuna grahita maupun penyandang kebutuhan khusus yang lainnya, seperti autis maupun down syndrome. Tidak semuanya mengkhususnkan diri dalam program anak ABK, ada juga yang berdampingan dengan santri reguler.

Setelah browsing lama dan mencari tentang informasi pondok pesantren yang menyediakan pelayanan pendidikan bagi anak penyandang buta, tuli ataupun yang lainnya akhirnya ditemukan beberapa ponpes yang melayani kebutuhan khusus ini.

  1. Ponpes al-achsaniyyah kudus. terletak di Kabupaten Kudus tepatnya di desa Pedawang Kecamatan Bae. pada tahun 2016 disebutkan bahwa pondok ini mempunyai santri dengan autis dan down syndrome sebanyak 80 orang dan mempunyai tenaga sebanyak 55 orang.
  2. Ponpes Al-Mustaqimiyyah Cianjur. Beralamat di Jalan Gatot Mangkupraja Gang Bidan Desa Nagrak. telp 08211341207. Pondok ini menerima tuna grahita dan tuna daksa. pelajaran yang diberikan untuk tuna grahita meliputi iqro, praktek sunnah nabi (adab makan, minum, dan kegiatan perbuatan sehari-hari yang diambilkan dari hadis nabi), diberikan juga pendidikan ketrampilan juga kegiatan olahraga dan juga ada terapi alternatif.. untuk tuna daksa pendidikan yang diberikan seperti Tajwid, nahwu sharaf (program tamyiz), juga adab sehari hari berdasarkan hadis dan juga terapi alternatif.
  3. Raudlatul Makfufin Banten. Jalan Raya Puspitek Gang Rais nomora 10A RT 002 RW 05 Kecamatan Serpong Tangerang Selatan. khusus bergerak untuk santri tuna netra . dalam pendidikannya disediakan Qur’an Huruf BrailleKertamukti Pisangan Ciputat. mengkhususkan pondok pesantren untuk santri tuna netra. Selain penekanan dalam al Qur’an juga mengajarkan pendidikan fiqh, dan pelajaran lain dengan kitab yang bisa digunakan (kitab braille). disediakan juga paket A paket B dan paket C guna mengakomodasi kebutuhan ijazah bagi para santri.
  4. Ponpes Dar al-Tauhid Cirebon. terletak di Jalan Kali Biru Timur / Jalan KH Syathori no 10 – 12 Arjawinangun Cirebon. Telfon 0231357163, 367281, 357212. ada untuk pendidikan sub A Tuna Netra dan sub B ( tuna rungu ). ada yang santri mukim maupun santri kalong yang tidak tidur di pondok pesantren.

Sementara daftar yang ada baru seperti yang tertulis. semoga ada yang bisa memberikan info untuk menambah wawasan dalam pondok pesantren khusus ABK.

baca : Beasiswa bagi santri pondok pesantren di Perguruan tinggi Favorit

baca : Persiapan menyekolahkan anak ke Pondok Pesantren

baca : Kalau aku lebih cantik ……

 

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

5 thoughts on “Pondok Pesantren untuk Anak ABK”

  1. Saya punya anak abk/tunagrahita .gimn mau mendaptarkn ke ponpes almystaqimiyah ngrak cianjur .sy tergerak mau mndaptarkan anak saya mudah2 dgn adanta psantren abk anak sy menjadi anak pembawa syiar islamo.

    Suka

  2. Kenapa Pesantren seperti ini untuk Anak ABK tidak ada didaerah saya di Banjarmasin dan Banjarbaru Kalimantan Selatan?
    Padahal banyak Anak ABK didaerah saya termasuk anak saya sendiri.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s