Mengambil dana PIP secara Kolektif pada Pondok Pesantren

buku rekening BTN.jpgSilakan download contoh form pengambilan kolektif di bawah ini. jika muncul adfly silakan ditunggu sekitar 5 detik selanjutnya klik skip dan form contoh pengambilan kolektif dalam bentuk word bisa di download.

Dalam rangka program Indonesia Pintar yang selanjutnya di terbitkan Kartu Indonesia Pintar (jika diterbitkan), pondok pesantren juga mendapatkan alokasi untuk dana dimaksud dengan perincian untuk Kategori I / tingkat Ula sebesar Rp. 450.000,-/tahun, kategori II /Wustha sebesar Rp. 750.000,- kategori III atau tingkat Ulya sebesar Rp. 1.000.000,-.

Selanjutnya dari Kementerian Agama dana di transfer kepada masing – masing rekening bank atas nama santri penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang secara umum dicairkan dua kali dalam satu tahun. Setelah dana masuk selanjutnya dana bisa di ambil masing masing santri untuk digunakan dalam rangka kegiatan untuk menunjang kegiatan pendidikan.

Baca : Contoh SK Penerima PIP Pondok Pesantren tahun 2016 format Pemutakhiran Data (PD)
Baca : Contoh SK Program Indonesia Pintar Pondok Pesantren FUP tahun 2016
Baca : Juknis Program Indonesia Pintar Pondok Pesantren 2016

Izin Operasional Madrasah Diniyah

Kendala yang di hadapi jika santri mengambil dana secara mandiri adalah : PERTAMA banyaknya santri yang mengambil secara langsung, misalnya di kabupaten Wonosobo ada sekitar 1000 santri maka akan antri yang lumayan banyak. KEDUA, pengawasan penggunaan uang yang tidak bijaksana dari santri, bisa saja malah dibelikan handphone atau pulsa bahkan untuk sekedar makan makan sehingga tujuan dari program tidak tercapai. KETIGA : dampak kurang bagus jika santri sering keluar dari pondok untuk mengambil dana dimaksud.

img_20161007_112729
pegawai BTN

Guna kepraktisan serta evisiensi waktu dan pengawasan penggunaan dana secara bijak dan terarah dalam rangka penunjang kegiatan pendidikan maka dirasa sangat bijak apabila dilakukan secara kolektif diwakilkan pengambilan dana oleh pengasuh pondok pesantren. Dibawah ini ada contoh format pengambilan secara kolektif oleh pengasuh pondok pesantren. Dalam pengambilan tentunya disertai dengan surat kuasa mengambil uang PIP ke Bank dan ada lampiran tanda tangan yang memberi kuasa yaitu para santri penerima dana program PIP. dalam hal ini di contohkan surat kuasa yang di contohkan oleh BTN dan pengambilan di lakukan di Kantor POS. silakan di download contoh surat kuasa pengambilan kolektif dana PIP dibawah ini beserta lampiran yang diperlukan. jangan lupa salah satu dari tanda tangan anak – anak / siswa / santri diberi materai.

langkah langkah yang di lakukan dalam pengambilan secara kolektif adalah PERTAMA. Siapkan surat kuasa dan lampiran surat kuasa (download dibawah). KEDUA. setelah data santri di ketik dalam lampiran, selanjutnya di tanda tangani oleh seluruh santri yang akan diambilkan uang dana Indonesia Pintar. KETIGA. membawa surat kuasa, lampiran dan rekening asli ke Kantor Pos/Bank tempat Pengambilan. KEEMPAT. Serahkan ke bagian teller Kantor Pos/Bank, bisa ditinggal karena jika banyak rekening di print out memerlukan waktu beberapa saat. Selamat beribadah.

surat kuasa bisa di download DI SINI

lampiran surat kuasa download DISINI

Iklan

Penulis: Gadung Giri

salam kenal

1 thought on “Mengambil dana PIP secara Kolektif pada Pondok Pesantren”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s